JENIS PENILAIAN TES

 

No

Jenis

 Penilaian

Alat Penilaian

Apa Yang Dinilai

Siapa Yang Dinilai

Aspek Yang Dinilai

1

Penilaian Tes

Tes Lisan

 

Kemampuan menggunakan bahasa secara lisan

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Tertulis

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran secara tertulis

Siswa

Ranah kognitif mulai dari jenjang pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, sampai evaluasi

 

 

Tes Individual

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Kelompok

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran secara kelompok

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir,  ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Esai

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran swsuai pemahaman siswa

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Jawaban Pendek

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan kata-kata atau angka secara sederhana

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Pilihan

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan memilih jawaban yang diberikan

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Subjektif

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan memberikan  jawaban sesuai dengan apa yang siswa pahami dalam bentuk tulisan secara bebas

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Objektif

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan memberikan  jawaban dengan memilih jawaban yang dianggap benar

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Masuk

Pengetahuan calon siswa yang akan melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi

Siswa/

Mahasiswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Formatif

Kemapuan  dan strategi guru dalam mengorganisir pembelajaran dari pesiapan sampai proses pembelajatan

Guru

Memberikan gambaran atau informasi terkait proses belajar siswa yang dilakukan oleh guru

 

 

Tes Sumatif

Keberhasilan seluruh program pembelajaran yang telah dilaksanakan. juga dapat dipergunan untuk memperoleh informasi tentang kurikulum, bahan ajar, metode mengajar, berbagai latihan, dan pengayaan.

Hasil belajar

Dalam tes sumatif aspek yang dinilai meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif, sikap dan nilai.

 

 

Prates

Kemampuan awal peserta tes pada awal pembelajaran untuk dibandingkan dengan kemampuan yang telah dicapai setelah mengikuti atau pada akhir pembelajaran.

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Postes

Mengukur tingkat kemampuan pembelajaran dalam bidang pembelajaran pada akhir program, baik secara keseluruhan ataupun perseorangan. Untuk melilahat apakah terdapat peningkatan, hasil postes dibandingkan dengan pretes.

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Seleksi

Kemampuan atau skils yang memenuhi persyaratan guna diikutsertakan dalam suatu kegiatan

Siswa, dll

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Penempatan

Menempatkan seseorang pada kelompok yang sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya

Siswa, dll

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Hasil Belajar

Diselenggarakan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh suatu bentuk pangajaran.

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Diagnostik

Membedah kesalahan-kesalahan yang menunjukan adanya kesulitan belajar.

Pembelajaran

Metode mengajar, proses pembelajaran dll

 

 

 

 

 

 

 

No

Jenis

 Penilaian

Alat Penilaian

Apa Yang Dinilai

Siapa Yang Dinilai

Aspek Yang Dinilai

1

Penilaian Tes

Tes Lisan

 

Kemampuan menggunakan bahasa secara lisan

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Tertulis

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran secara tertulis

Siswa

Ranah kognitif mulai dari jenjang pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, sampai evaluasi

 

 

Tes Individual

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Kelompok

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran secara kelompok

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir,  ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Esai

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran swsuai pemahaman siswa

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Jawaban Pendek

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan kata-kata atau angka secara sederhana

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Pilihan

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan memilih jawaban yang diberikan

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Subjektif

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan memberikan  jawaban sesuai dengan apa yang siswa pahami dalam bentuk tulisan secara bebas

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Objektif

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran, dengan memberikan  jawaban dengan memilih jawaban yang dianggap benar

Siswa

Pemahaman serta penguasaan terhadap materi pelajaran

 

 

Tes Masuk

Pengetahuan calon siswa yang akan melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi

Siswa/

Mahasiswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Formatif

Kemapuan  dan strategi guru dalam mengorganisir pembelajaran dari pesiapan sampai proses pembelajatan

Guru

Memberikan gambaran atau informasi terkait proses belajar siswa yang dilakukan oleh guru

 

 

Tes Sumatif

Keberhasilan seluruh program pembelajaran yang telah dilaksanakan. juga dapat dipergunan untuk memperoleh informasi tentang kurikulum, bahan ajar, metode mengajar, berbagai latihan, dan pengayaan.

Hasil belajar

Dalam tes sumatif aspek yang dinilai meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif, sikap dan nilai.

 

 

Prates

Kemampuan awal peserta tes pada awal pembelajaran untuk dibandingkan dengan kemampuan yang telah dicapai setelah mengikuti atau pada akhir pembelajaran.

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Postes

Mengukur tingkat kemampuan pembelajaran dalam bidang pembelajaran pada akhir program, baik secara keseluruhan ataupun perseorangan. Untuk melilahat apakah terdapat peningkatan, hasil postes dibandingkan dengan pretes.

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Seleksi

Kemampuan atau skils yang memenuhi persyaratan guna diikutsertakan dalam suatu kegiatan

Siswa, dll

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Penempatan

Menempatkan seseorang pada kelompok yang sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya

Siswa, dll

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Hasil Belajar

Diselenggarakan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh suatu bentuk pangajaran.

Siswa

Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah

 

 

Tes Diagnostik

Membedah kesalahan-kesalahan yang menunjukan adanya kesulitan belajar.

Pembelajaran

Metode mengajar, proses pembelajaran dll

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSIKOLOGI KEPRIBADIAN "KEPRIBADIAN MENYIMPANG"

TEORI BELAJAR SOSIAL DAN TIRUAN

KESEHATAN MENTAL " TRAUMA"

Translate