JENIS PENILAIAN TES
No |
Jenis Penilaian |
Alat Penilaian |
Apa Yang Dinilai |
Siapa Yang Dinilai |
Aspek Yang Dinilai |
1 |
Penilaian Tes |
Tes Lisan
|
Kemampuan menggunakan bahasa secara lisan |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Tertulis |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran secara tertulis |
Siswa |
Ranah kognitif mulai dari jenjang
pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, sampai evaluasi |
|
|
Tes Individual |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Kelompok |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran secara kelompok |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi,
kemampuan berpikir, ketrampilan
memecahkan masalah |
|
|
Tes Esai |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran swsuai pemahaman siswa |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Jawaban Pendek |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan kata-kata atau angka secara sederhana |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Pilihan |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan memilih jawaban yang diberikan |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Subjektif |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan memberikan
jawaban sesuai dengan apa yang siswa pahami dalam bentuk tulisan
secara bebas |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Objektif |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan memberikan
jawaban dengan memilih jawaban yang dianggap benar |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Masuk |
Pengetahuan calon siswa yang akan
melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi |
Siswa/ Mahasiswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Formatif |
Kemapuan
dan strategi guru dalam mengorganisir pembelajaran dari pesiapan
sampai proses pembelajatan |
Guru |
Memberikan gambaran atau informasi
terkait proses belajar siswa yang dilakukan oleh guru |
|
|
Tes Sumatif |
Keberhasilan seluruh program
pembelajaran yang telah dilaksanakan. juga dapat dipergunan untuk memperoleh
informasi tentang kurikulum, bahan ajar, metode mengajar, berbagai latihan,
dan pengayaan. |
Hasil belajar |
Dalam tes sumatif aspek yang dinilai
meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif, sikap dan nilai. |
|
|
Prates |
Kemampuan awal peserta tes pada awal
pembelajaran untuk dibandingkan dengan kemampuan yang telah dicapai setelah
mengikuti atau pada akhir pembelajaran. |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Postes |
Mengukur tingkat kemampuan pembelajaran
dalam bidang pembelajaran pada akhir program, baik secara keseluruhan ataupun
perseorangan. Untuk melilahat apakah terdapat peningkatan, hasil postes
dibandingkan dengan pretes. |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Seleksi |
Kemampuan atau skils yang memenuhi
persyaratan guna diikutsertakan dalam suatu kegiatan |
Siswa, dll |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Penempatan |
Menempatkan seseorang pada kelompok yang
sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya |
Siswa, dll |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Hasil Belajar |
Diselenggarakan untuk mengetahui hasil
yang telah dicapai oleh suatu bentuk pangajaran. |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Diagnostik |
Membedah kesalahan-kesalahan yang
menunjukan adanya kesulitan belajar. |
Pembelajaran |
Metode mengajar, proses pembelajaran dll |
|
|
|
|
|
|
No |
Jenis Penilaian |
Alat Penilaian |
Apa Yang Dinilai |
Siapa Yang Dinilai |
Aspek Yang Dinilai |
1 |
Penilaian Tes |
Tes Lisan |
Kemampuan menggunakan bahasa secara lisan |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Tertulis |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran secara tertulis |
Siswa |
Ranah kognitif mulai dari jenjang
pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, sampai evaluasi |
|
|
Tes Individual |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Kelompok |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran secara kelompok |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan intelegensi,
kemampuan berpikir, ketrampilan
memecahkan masalah |
|
|
Tes Esai |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran swsuai pemahaman siswa |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Jawaban Pendek |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan kata-kata atau angka secara sederhana |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Pilihan |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan memilih jawaban yang diberikan |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Subjektif |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan memberikan
jawaban sesuai dengan apa yang siswa pahami dalam bentuk tulisan
secara bebas |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Objektif |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran, dengan memberikan
jawaban dengan memilih jawaban yang dianggap benar |
Siswa |
Pemahaman serta penguasaan terhadap
materi pelajaran |
|
|
Tes Masuk |
Pengetahuan calon siswa yang akan
melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi |
Siswa/ Mahasiswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Formatif |
Kemapuan
dan strategi guru dalam mengorganisir pembelajaran dari pesiapan
sampai proses pembelajatan |
Guru |
Memberikan gambaran atau informasi
terkait proses belajar siswa yang dilakukan oleh guru |
|
|
Tes Sumatif |
Keberhasilan seluruh program
pembelajaran yang telah dilaksanakan. juga dapat dipergunan untuk memperoleh
informasi tentang kurikulum, bahan ajar, metode mengajar, berbagai latihan,
dan pengayaan. |
Hasil belajar |
Dalam tes sumatif aspek yang dinilai
meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif, sikap dan nilai. |
|
|
Prates |
Kemampuan awal peserta tes pada awal
pembelajaran untuk dibandingkan dengan kemampuan yang telah dicapai setelah
mengikuti atau pada akhir pembelajaran. |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Postes |
Mengukur tingkat kemampuan pembelajaran
dalam bidang pembelajaran pada akhir program, baik secara keseluruhan ataupun
perseorangan. Untuk melilahat apakah terdapat peningkatan, hasil postes
dibandingkan dengan pretes. |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Seleksi |
Kemampuan atau skils yang memenuhi
persyaratan guna diikutsertakan dalam suatu kegiatan |
Siswa, dll |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Penempatan |
Menempatkan seseorang pada kelompok yang
sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya |
Siswa, dll |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Hasil Belajar |
Diselenggarakan untuk mengetahui hasil
yang telah dicapai oleh suatu bentuk pangajaran. |
Siswa |
Ranah kognitif berkaitan dengan
intelegensi, kemampuan berpikir, ketrampilan memecahkan masalah |
|
|
Tes Diagnostik |
Membedah kesalahan-kesalahan yang
menunjukan adanya kesulitan belajar. |
Pembelajaran |
Metode mengajar, proses pembelajaran dll |
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar